3 Tips Mudah Memasang Gorden Pintu Sendiri

Sejatinya rumah yang terlihat cantik tidak hanya dinilai dari seberapa banyak atau seberapa mewah furniture yang ada, dekorasi yang memenuhi ruangan atau pun warna cat dinding yang eksentrik. Rumah dapat disulap sehingga terlihat cantik dengan cara memperhatikan detil pintu yang menawan. Selama ini mungkin kamu berpikir sudut-sudut rumah yang kebanyakan bisa dihias adalah dinding menggunakan cat atau pun wallpaper, lantai dengan keramik atau pun karpet, atap dengan rumah-rumahan lampu yang megah. Sementara sangat sedikit yang memperhatikan keindahan tampilan rumah dengan memberikan fokus lebih pada bagian pintu. Padahal pintu adalah poin penting yang pertama kali dilihat seseorang pada saat masuk dan keluar rumah.

Gorden Pintu

Nah, kini kamu sudah tahu bahwa mempercantik tampilan pintu pun perlu diperhatikan. Kini giliran kamu bertanya bagaimana caranya selain dengan mengganti bahan material. Cara lain yang dapat kamu lakukan untuk memperindah tampilan pintu adalah dengan memanfaatkan gorden murah. Jadi, tidak hanya jendela saja yang membutuhkan gorden!

Tidak Perlu Ribet, Pasang Sendiri Gorden Pintumu Dengan 3 Cara Ini!

Memang tidak semua jenis pintu perlu kamu pasangi gorden. Misalnya pintu dengan material padat dan solid seperti kayu utuh. Sebaliknya, untuk pintu dengan material kombinasi kaca dan kayu atau kaca dan alumunium, gorden akan sangat membantu. Baik dari segi tampilan yang semakin cantik maupun perlindungan privasi.

Meski pintu berukuran tinggi, melebihi tinggi tubuh para penghuninya, kamu tetap bisa memasang gorden pintumu sendiri tanpa perlu memanggil jasa pemasangan gorden, loh! Ssst, jangan mengeluh sulit dulu, ya. Sebab memasang gorden tidak sesulit yang kamu bayangkan kok!

Berikut ini telah kami rangkumkan tiga tips yang dapat kamu lakukan untuk memasang gorden pintu sendiri dengan mudah. Yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Pilih Bahan Dan Sesuaikan Pola

Gorden

Pada dasarnya gorden dipasang untuk memberikan area privasi pada sejumlah sudut yang terbuka. Seiring dengan inovasi yang berkembang, gorden hadir dalam berbagai kreasi bahan yang dapat kamu padu padankan dengan konsep rumahmu. Di antaranya kamu dapat menggunakan sheer curtain, pony tail dan jenis gorden lainnya. Di samping memilih bahan yang tepat, kamu juga perlu mempertimbangkan pola dan warna gorden. Pastikan warna yang kamu pilih mampu mendukung tema dan konsep yang kamu bangun agar tidak menciderai tampilan rumah yang lainnya.

2. Ukur Panjang Dan Lebar Pintu

Meski rata-rata pintu berukuran lebih dari dua meter, namun daun pintu memiliki lebar yang beragam. Terutama jika kamu menggunakan daun pintu ganda atau pun pintu geser. Biasanya ukuran lebarnya akan lebih luas daripada ukuran standar. Dalam hal ini kamu tidak bisa melakukan perkiraan alih-alih mengukurnya secara langsung. Dengan menggunakan meteran bangunan, kamu bisa memanfaatkan alumunium di ujung meteran untuk mengukur tinggi dan lebar pintu dengan lebih teliti. Jangan lupa catat ukurannya agar tidak lupa.

3. Siapkan Penyangga Dan Ring

Kamu akan membutuhkan beberapa alat di antaranya bor listrik dan paku untuk hasil yang lebih maksimal dan lebih rapi. Namun jika tidak ada maka kamu bisa menggunakan palu dan menggunakannya dengan hati-hati karena massanya yang berat. Selain itu hasil menggunakan palu akan terlihat lebih kasar.

Untuk jenis gorden dengan tipe ring kamu hanya cukup memasukkan lubang pada gorden ke penyangga. Namun kalau kamu menggunakan gorden dengan tipe klem, maka ada baiknya kamu sesuaikan terlebih dahulu diameter penyangga dengan lebar klem gorden. Dengan begitu gorden kamu akan pas masuk ke dalam penyangga. Kini gorden kamu sudah selesai terpasang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *