Aneka Jenis Bahan Wallpaper Dinding yang Recomended untuk Kamu Gunakan

Aneka Jenis Bahan Wallpaper Dinding

Banyak orang yang menginginkan desain rumah yang indah, menarik dan terkesan mewah. Tentunya berbagai cara dilakukan. Mulai dari menghiasi dengan berbagai perabot rumah yang unik dan menarik, pemilihan warna pada dinding dan berbagai furniture rumah, hingga pemilihan bahan bangunan rumah. Saat ini, yang paling trend untuk mempercantik rumah adalah dengan memberikan wallpaper menarik pada dinding.

Wallpaper pada dinding atau kertas dinding merupakan salah satu teknik menutupi dinding rumah, dengan tujuan mempercantik desain rumah serta sebagai pelapis dari bahan bangunan rumah itu sendiri. Kini, wallpaper pada dinding sangat digemari bagi banyak kalangan dikarenakan beragam motif yang ditawarkan, serta bisa custom sendiri yang membuat konsumen tidak perlu harus terpaku dengan motif yang itu-itu saja.

Jenis Bahan Wallpaper Dinding

Aneka Jenis Bahan Wallpaper Dinding

Ada berbagai jenis bahan wallpaper dinding yang bisa kamu gunakan jika menginginkan rumah yang indah dan lebih menarik. Di antaranya adalah:

1. Kertas

Jenis pertama wallpaper yang cocok dengan dinding rumahmu adalah kertas. Jenis ini sangat banyak digemari karena pilihan warna dan corak yang beragam dan terkesan selalu update sesuai zaman yang berkembang. Namun, karena terbuat dari kertas biasa, jenis wallpaper ini mudah sobek dan tidak tahan lama. Untuk itulah, seiring perkembangan zaman, dihadirkanlah jenis wallpaper kertas yang lebih awet dan tahan lama, diantaranya adalah:

Heavy Duty Paper

Wallpaper ini menggunakan kertas yang lebih tebal sehingga memiliki tingkat durabilitas yang tinggi. Ada banyak varian corak yang ditawarkan sehingga kamu bisa memilih sendiri corak yang sesuai dengan dinding rumahmu.

Foil

Kamu menginginkan konsep kilap pada rumahmu, kamu bisa menggunakan foil. Salah satu bahan pembungkus makanan ini bisa juga kamu gunakan pada dinding rumahmu. Disarankan untuk penggunaan jenis wallpaper ini untuk dinding yang permukaannya halus.

2. Kain

Kain merupakan jenis bahan wallpaper selanjutnya yang banyak digunakan. Bahan ini akan memberikan kesan elegan serta permukaan yang berbeda dengan wallpaper lainnya. Namun pada proses pengerjaannya membutuhkan ketelitian yang tinggi dikarenakan jenis bahannya yang sangat halus. Kamu perlu tenaga ahli untuk memasang wallpaper jenis ini.

3. Vinyl

Aneka Jenis Bahan Wallpaper Dinding

Jenis wallpaper pada dinding ini lebih modern dibandingkan wallpaper lainnya. Dikarenakan terbuat dari bahan PVC, jenis wallpaper ini memiliki banyak keunggulan, di antaranya tidak mudah rusak dan kotor. Tidak perlu khawatir terhadap noda yang menempel seperti debu, minyak, ataupun cipratan air. Kamu tinggal mengelap noda yang menempel di wallpaper dengan mudah. Pilihan motifnyapun beragam, sehingga tidak terkesan bosan. Bahan ini juga bisa diterapkan pada jenis dinding rumah apapun dan dengan tingkat fleksibilitas yang tinggi. Kamu bisa menerapkan jenis wallpaper ini pada bagian rumah yang sulit dijangkau seperti sela-sela jendela ataupun bagian sulit lainnya.

4. Beludru

Jenis bahan wallpaper dinding terakhir adalah beludru. Jika kamu menginginkan konsep rumah yang bergaya retro dan kontemporer, jenis wallpaper ini sangat cocok kamu terapkan. Besaral dari serat wol yang bisa memberikan perubahan warna pada dinding rumah kamu, membuat rumah terkesan lebih elegan dan mewah.

Itulah beberapa jenis bahan wallpaper yang sangat cocok jika diterapkan di dinding rumah kamu. Hal terpenting adalah bagaimana kamu bisa menyesuaikan jenis ruma dengan bahan wallpaper yang akan kam pilih. Selain itu juga, perawatan yang baik juga akan memberikan pengaruh besar agar wallpaper pada dinding rumahmu dapat tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *