Jenis-Jenis Lampu Hemat Energi yang Harus Kamu Ketahui

Jenis-Jenis Lampu Hemat Energi

Kebutuhan akan listrik sudah menjadi hal yang wajib dalam rumah tangga. Mati listrik satu hari saja, semua pekerjaan di rumah bisa menjadi berantakan. Namun, di luar semua elektronik yang dipunya, kebutuhan akan lampuĀ adalah yang paling penting. Maka enggak heran kalau sekarang banyak sekali orang mengakali cara agar tagihan listrik tiap bulannya tidak membengkak, nah salah satunya adalah dengan menggunakan lampu yang hemat energi. Tak perlu susah mencari, sekarang lampu hemat energi bisa dengan mudah didapatkan di pasaran. Simak dalam ulasan berikut ini ya!

Berbagai Macam Jenis Lampu Hemat Energi

1. Lampu Pijar

Jenis-Jenis Lampu Hemat Energi

Yang pertama adalah lampu pijar. Lampu ini umum sekali ditemukan, ia menggunakan kawat pijar yang terdapat di dalam bola lampu kaca, kemudian ada pula nitrogen, hidrogen, kripton, serta berbagai gas lain. Menggunakan lampu pijar akan membuat energi sangat hemat, lampu ini bisa bertahan selama kurang lebih 3-4 bulan, dengan lama pemakaian 10 jam setiap hari.

2. Lampu TL (Fluorescent)

Di rumahmu pasti sering ditemukan lampu TL atau lebih dikenal dengan nama lampu neon dengan berbagai macam bentuk dan merk bukan. Lampu ini lebih terang bila dibandingkan dengan lampu pijar, ketahanannya pun jauh lebih lama. Ia mampu bertahan sampai 15000 jam atau setara dengan 10 tahun pemakaian. Namun, harganya pun jauh lebih mahal berkali lipat dari lampu pijar yang biasa loh. Nah, saat membeli lampu ini, kamu harus ekstra hati-hati karena zaman sekarang banyak lampu neon yang dijual mahal namun berkualitas rendah.

3. Lampu Halogen

Kalau kamu punya usaha atau bisnis, namun memilih untuk lebih berhemat energi, maka lampu ini adalah jawabannya. Yap, lampu halogen biasanya dipakai untuk spot tertentu saja, seperti papan reklame, tulisan, benda seni, serta tempat tertentu. Karena masuk dalam list lampu hemat energi, halogen juga hanya bisa digunakan untuk penerangan jarak pendek.

4. Lampu LED

Jenis-Jenis Lampu Hemat Energi

Terakhir, yang paling banyak dicari dan diminati adalah lampu LED. Lampu ini harganya memang relatif mahal, namun ia bisa bertahan dalam jangka waktu panjang dan juga hemat energi. Lampu LED yang hanya memiliki watt kecil, 4 watt saja bisa setara dengan lampu pijar dengan watt 25. Warna lampu LED ini pun juga sangat banyak dan beragam, tinggal kamu membutuhkan yang mana.

Mengapa Menggunakan Lampu Hemat Energi?

Lalu, mengapa sih kamu direkomendasikan untuk menggunakan lampu yang hemat energinya? Nah, ternyata lampu hemat energi ini tak hanya bisa menekan biaya listrik yang harus dibayarkan tiap bulan loh, ada keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan. Dengan menggunakan lampu-lampu yang memakan minim energi, kamu akan mendapatkan keuntungan:

  • Hemat anggaran, tak melulu harus menyisihkan uang untuk membeli bohlam, karena ada lampu yang bisa bertahan hingga tahunan.
  • Gerakan menghijaukan bumi. Dengan menggunakan lampu hemat energi, secara tidak langsung penggunaan sumber daya alam juga terkurangi. Ya, setidaknya kita bisa ikut menyelamatkan kehidupan anak cucu kita kelak.
  • Yang paling jelas adalah hemat biaya listrik.

Jadi, ada banyak sekali bukan keuntungan yang bisa didapatkan dari menggunakan lampu hemat energi. Nah, sekarang juga ada berbagai macam pilihan merk lampu di temtera.com yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. Namun, tetap hati-hati dalam memilih, karena kadang ada saja penjual yang tidak jujur dan tak paham produk yang asli dan palsu, serta yang punya kualitas kurang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *