3 Inspirasi Warna Cat Agar Plafon Akustik Terlihat Elegan

Warna Cat Plafon Akustik Terlihat Elegan

Penggunaan plafon akustik sering kita jumpai di berbagai macam bangunan, mulai dari rumah, hotel, sampai perkantoran. Fungsi utama dari plafon sendiri adalah sebagai pembatas antara atap dan ruangan. Banyak orang memilih jenis plafon ini dikarenakan keunggulannya dalam meredam kebisingan. Tidak cuma itu, plafon ini juga cukup baik dalam mengisolasi panas dari atap. Hal itulah yang membuat penggunaan plafon jenis akustik lebih umum dibanding jenis plafon lainnya.

Inspirasi Warna Cat untuk Tampilan Plafon Jenis Akustik Terlihat Elegan

Warna merupakan elemen yang kompleks. Pemilihan warna cat untuk plafon maupun dinding membutuhkan beberapa pertimbangan dan harus terarah pada tujuan yang jelas, misalnya kamu ingin membuat ruangan yang sempit jadi terlihat lebih luas maka harus dipilih warna-warna tertentu. Oleh karena itu, sekarang yuk kita bahas bagaimana memilih warna yang tepat agar plafon akustik terlihat cantik dan sesuai dengan yang kamu inginkan.

1. Warna Gelap untuk Ruangan yang Sempit

Jika ruangan di rumahmu tidak terlalu luas, ada baiknya pilih warna cat yang sedikit gelap untuk bagian plafonnya. Plafon akustik dengan warna yang gelap akan memberikan efek pada ruangan terlihat lebih luas. Begitu pula dengan bagian dindingnya, Kamu bisa menggunakan pilihan warna yang sama untuk kedua bagian itu. Sedangkan untuk ruangan yang luas, baik warna gelap maupun warna terang bisa dijadikan pilihan, kamu cuma perlu mencocokkan warnanya dengan furnitur yang ada disana.

2. Warna Cerah untuk Ruangan dengan Plafon yang Rendah

Warna Cat Plafon Akustik Terlihat Elegan

Tipikal bangunan berbeda-beda. Untuk ruangan dengan plafon yang rendah biasanya akan memberikan perasaan sempit dan penuh. Maka dari itu, penggunaan warna-warna cerah sangat direkomendasikan untuk kondisi ini. Warna cerah dapat memberikan efek ruangan menjadi terlihat tinggi dan luas. Pada bagian dindingnya, gunakan rasio 80 persen warna putih dan 20 persen warna lain. Metode ini cocok buat kamu yang menyukai tampilan low-contrast dan sederhana.

3. Warna Gelap untuk Ruangan yang Lebih Nyaman

Jika kamu suka dengan tampilan high-contrast, kamu bisa menggunakan warna yang lebih gelap dari dindingnya. Hasil yang didapat akan membuat ruanganmu jadi lebih nyaman. Selain itu berketerbalikan dari yang sebelumnya, warna gelap akan memberikan kesan kalau plafon di ruangan rendah, padahal sebenarnya tinggi. Paduan warna gelap pada plafon dan warna putih pada dinding akan menampilkan kontras warna yang sangat mencolok sesuai dengan yang kamu inginkan.

Cara Mengecat Plafon Akustik

Berhubung plafon merupakan salah satu aspek penting bagi keindahan ruangan, ada baiknya dalam hal pengecatannya kamu menyewa seseorang yang lebih ahli di bidang ini untuk mengerjakannya. Tapi tidak ada salahnya juga jika ingin mencoba sendiri melakukannya. Adapun cara mengecat plafon akustik bisa dijelaskan sebagai berikut.

1. Pilih warna cat terlebih dulu, lakukan sesuai dengan tujuan yang ingin kamu capai,

2. Geser/pindahkan barang-barang yang ada di ruangan. Jika tidak memungkinkan untuk dipindah, cukup ditutup saja dengan plastik agar tidak terkena cipratan cat,

3. Tutup terlebih dulu noda di plafon dengan Kilz atau produk semacamnya. Pastikan juga kamu sudah menggunakan baju yang nyaman, topi, safety eye-glasses, dan masker,

4. Pada tahap pengecatan, kamu bisa pilih mau menggunakan airless sprayer atau roller. Lakukan pengecatan yang konsisten pada satu arah agar warna bisa menempel rata pada plafon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *